Memang ada merk susu formula yang kandungannya sama dengan ASI? Memang sepenuhnya tidak persis ASI, akan tetapi kandungan dan rasanya mirip ASI. Apa saja merk susu formula bayi 0-6 bulan terbaik? Apa pula merk susu formula yang rasanya gurih untuk bayi? Berikut ulasan mengenai susu pendamping ASI yang terbaik dan rasa susu yang sama mirip ASI.

merk susu formula yang kandungannya sama dengan asi

Susu Formula menjadi pilihan para ibu yang belum memberi asupan ASI  atau belum bisa memberikan ASI secara penuh kepada bayi.  Dalam memilih susu formula pun, seorang ibu tidak boleh sembarangan. Mereka pasti menginginkan yang terbaik bagi buah hatinya.  Mereka berusaha memberi susu formula yang kandungannya seperti pada ASI.

Merk Susu Formula Yang Kandungannya Sama Dengan ASI

  1. Morinaga BMT Regular

Morinaga BMT Regular

Merk susu formula bayi Morinaga ini memang masuk dalam susu favorit pilihan bunda yang ingin menambah gizi bagi si buah hatinya. Meskipun susu Morinaga tidak bisa dijadikan sebagai pengganti ASI untuk si kecil, namun susu formula ini bisa dijadikan selingan apabila bunda berhalangan memberikan ASI bagi si bayi. Dengan kandungan gizi terbaik, susu ini masuk dalam kategori rasa susu yang sama dengan ASI

  1. Wyeth S26 Promil

Wyeth S26 Promil

Susu S26 Promil Gold tahap 1 ini adalah susu pendamping ASI yang terbaik dimana secara khusus direkomendasikan untuk bayi berumur 0-6 bulan. Susu ini tergolong merk susu formula bayi 0-6 bulan terbaik.

Merk susu formula yang yang rasanya gurih ini memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk bayi. Kandungan nutrisi tersebut adalah karbohidrat, protein, asam linoleat, kalsium, vitamin.

Selain itu kandungan mineral pada merk susu formula yang satu ini juga membantu dalam mendukung pertumbuhan bayi. Perlu diingat bagi bunda semua, susu ini tidak bisa menjadi pengganti ASI. Namun hanya sebagai susu pendamping ASI yang terbaik. Susu ini direkomendasikan untuk memaksimalkan manfaat ASI ibu menyusui.

  1. Lactogen 1 Happynutri

Lactogen 1 Happynutri

Susu Lactogen 1 Happynutri mengandung Probiotik, LA, ALA, dan Zat Besi yang menjadikan susu ini menjadi rekomendasi terbaik sebagai merk susu formula yang rasanya gurih.

Baca Juga:  Merk Susu Formula Terbaik Untuk Bayi 6-12 Bulan & Tips Aman Membelinya!

Selain itu, diperkaya 12 vitamin dan 11 mineral dan juga kandungan protein dirasa cukup untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bayi Anda .

Lactogen 1 Happynutri ini susu formula bayi yang rasanya diklaim sebagai rasa susu yang sama dengan ASI karena tidak mengandung gula dan tidak membuat mual. Susu  ini merupakan merk susu formula yang rasanya gurih.

Susu ini direkomendasilkan untuk para ibu yang memiliki kesibukan yang tinggi dan mobilitas tinggi.

  1. Morinaga Chil Mil

Morinaga Chil Mil

Morinaga Chil Mil adalah susu formula yang bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi yang berusia 6-12 bulan. Susu ini adalah susu pendamping ASI yang terbaik, sehingga dapat membantu ibu dalam memberikan nutrisi tambahan untuk si kecil dengan nutrisi susu yang terjamin kandungannya.

Susu ini mengandung AA, DHA, kalsium laktoferin, kolin, dan laktulosa. Nutrisi ini dapat membantu pertumbuhan anak dan membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi karena terdapat kandungan kalsium. Susu Morinaga Chil Mil merupakan susu formula yang rasanya manis dan gurih.

  1. Bebelove 2

Bebelove 2

Susu Bebelove 2 diberikan untuk bayi  usia 6-12 bulan sebagai nutrisi tambahan pendamping ASI. Susu  Bebelove 2 ini mengandung prebiotik FOS yang berguna untuk memelihara saluran pencernaan bayi. Kandungan lactoferrinnya  berguna untuk meningkatkan imunitas bayi.

Selain itu, susu ini mengandung , zat besi,kalsium, vitamin, dan mineral yang membuat susu formula ini merupakan merk susu formula yang kandungannya mendekati ASI.

  1. Nutribaby Royal Pronutra 2

Nutribaby Royal Pronutra 2

Susu formula  ini adalah susu pendamping ASI untuk bayi usia 6-12 bulan. Merk susu formula yang kandungannya mendekati ASI mengandung FOS, GOS, AA, DHA, Prebiotik, 18 Vitamin dan 12 mineral. Zat gizi itu sangat penting dan dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi. Selain itu, ada kandungan protein susu yang disebut dengan whey yang sudah didemineralisasi yang sangat berguna untuk melindungi bayi saat proses pencernaan.

  1. Nutribaby Soya 2

Nutribaby Soya 2

Nutribaby Soya dibuat khusus untuk bayi yang alergi terhadap jenis susu sapi. Susu formula ini dibuat dengan menggunakan isolat protein kedelai dengan keterangan intoleran terhadap laktosa, protein susu sapi, dan menderita galaktosemia. Susu ini baik untuk dikonsumsi bayi yang berusia 6-12 bulan. Nutrisi yang terkandung di dalam susu formula ini berupa  protein,karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, maltodekstrin, minyak nabati, minyak sel tunggal, minyak ikan tanpa tambahan sukrosa atau laktosa.

Baca Juga:  Manfaat Susu Entrasol Bagi Kesehatan Tubuh & Program Diet

Memilih merk susu formula yang kandungannya sama dengan ASI  harus dilakukan secara cermat dan teliti.

Susu merupakan makanan utama untuk bayi dan anak yang dikonsumsi setiap hari dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang tidak sebentar.

Perlu bunda ketahui juga, jika bayi mengkonsumsi susu tersebut dan tidak cocok bisa menimbulkan gangguan terhadap tumbuh kembang si buah hati.

Tips memilih merk susu formula bayi terbaik

Berikut ini hal-hal yang  harus diperhatikan dalam memilih susu formula bayi terbaik  :

  1. Cermati Komposisi nutrisi Susu Formula

Sebaiknya Anda menghindari susu formula yang mengandung lutein, gangliosida dan sphingomyelin. Pilihlah susu formula yang mengandung probiotik, prebiotik, protein docosahexaenic acid (DHA), zat besi (Fe), nukelotida, taurin dan arachinadonic acid (AA).

Susu formula yang baik adalah susu formula dengan kandungan nutrisi yang hampir sama dengan ASI dan susu yang rasa mirip ASI.

Susu formula yang baik juga mengandung asam lemak tak jenuh jamak (LCPUFA) yang sangat penting bagi perkembangan otak dan mata.

  1. Susu Sapi atau Susu Kedelai

Jika bayi Anda sering kolik (terbangun di tengah malam dan menangis tanpa henti), ada kemungkinan ia alergi laktosa yang terkandung dalam susu formula. Susu formula yang saat ini beredar di pasaran umumnya terbuat dari susu sapi . Susu kedelai adalah alternatif menyehatkan bagi bayi yang alergi susu sapi.

Selain dua jenis susu formula di atas, ada juga susu formula hypoallergenic (HA). Susu formula ini diproduksi untuk bayi dengan kebutuhan khusus, misalnya alergi terhadap zat tertentu. Tapi susu formula ini bukan untuk bayi yang alergi susu sapi.

  1. Pilih Susu Formula Sesuai Usia

Ada dua jenis susu formula berdasarkan tahap usia bayi, yaitu susu formula untuk bayi usia 0 – 6 bulan dan susu formula lanjutan untuk bayi usia 6 – 12 bulan. Memberikan susu formula yang tidak sesuai dengan usia bayi tidak memberi manfaat bagi perkembangan dan kesehatannya. Sistem pencernaan dan ginjal si kecil bisa terancam jika bayi mengkonsumsi susu yang bukan untuk anak seusianya.

  1. Konsultasi dengan Dokter
Baca Juga:  Review Harga Susu Hilo Untuk Usia 20 & 21 Tahun

Selalu berkonsultasilah dengan dokter anak sebelum membeli susu formula. Mintalah rekomendasi dari dokter tentang merk susu formula bayi terbaik.

Anda juga harus segera menghubungi dokter jika bayi Anda menampakkan gejala alergi setelah Anda memberikan susu formula dari merk tertentu. Banyak bertanyalah pada dokter tentang apa yang dibutuhkan si kecil untuk pertumbuhannya.

  1. Perhatikan Kemasan dan Tanggal Kadaluarsa

Produk dalam kemasan yang kurang layak atau hampir kadaluarsa bisa ditemukan di mana pun, bahkan di pasar swalayan ternama. Selalu periksa kondisi kemasan sebelum membeli susu formula. Jangan beli susu formula dalam kaleng yang tampak penyok. Hindari juga susu formula yang tidak tertutup rapat, terutama susu formula dalam kemasan karton.

Periksa tanggal kadaluarsanya, apakah masih lama atau sudah dekat. Ada beberapa mini market tertentu yang melakukan obral barang yang hampir kadaluarsa, termasuk susu fromula, setiap beberapa bulan sekali. Susu formula ini sebenarnya tidak berbahaya, karena expired date biasanya berkisar 1 – 2 bulan dari waktu penjualan. Namun Anda lebih baik tidak membelinya untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Baca juga :

  1. Harga Susu L-Men Untuk Menambah Berat Badan, Fungsi & Manfaatnya
  2. Susu Lactogen Baguskah? Ketahui Harga, Kandungan & Manfaatnya!
  3. Review Harga Susu Lactamil Untuk Ibu Hamil & Menyusui

Itulah tips memilih merk susu formula yang kandungannya sama dengan ASI dan beberapa merk susu formula bayi terbaik. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi bunda ya !

0 Shares