Berbagai Makanan Yang Mengandung Vitamin D & Kalsium

0
2
makanan yg mengandung vitamin D dan kalsium

Vitamin dan mineral sangat penting perannya bagi kesehatan tubuh kita. Termasuk di antaranya adalah kalsium serta vitamin D. Keduanya terutama memiliki peran penting dalam pembentukan tulang dan gigi terutama pada masa pertumbuhan. Untuk dapat memenuhi kebutuhan harian akan kalsium serta vitamin D, penting untuk mengonsumsi aneka makanan yg mengandung vitamin D dan kalsium. Aneka makanan ini dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita. Berikut adalah daftar makanan yang mengandung vitamin D serta kalsium dan juga manfaatnya bagi tubuh.

makanan yg mengandung vitamin D dan kalsium

Makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D serta manfaatnya

Kalsium merupakan nutrisi utama yang dibutuhkan dalam menjaga kepadatan tulang. Sementara vitamin D akan dapat menjaga kesehatan tulang dengan cara membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Karena manfaatnya yang tinggi ini, dibutuhkan asupan makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Sumber vitamin D yang pertama adalah ikan salmon. Kandungan nutrisi di dalamnya sangat banyak dan tidak hanya terbatas pada vitamin D saja. Terdapat pula asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung.
  2. Selain ikan salmon, ikan sarden juga tinggi akan kandungan nutrisi, termasuk vitamin D dan kalsium secara bersamaan. Terdapat pula sumber lemak baik yaitu omega 3. Untuk menjaga agar kandungan nutrisinya tetap terjaga, pilih ikan sarden yang kondisinya masih segar.
  3. Jenis ikan lain yang terkenal akan tingginya kandungan kalsium di dalamnya adalah ikan makarel. Ikan ini kaya akan kalsium dan juga merupakan sumber vitamin D dalam jumlah tinggi. Konsumsi ikan makarel akan dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

Sumber Vitamin D Dari Susu

susu

Selama ini, mungkin kita telah mengenal susu dan aneka produk olahannya sebagai makanan tinggi kalsium. Hal ini tidak salah karena kandungan kalsium serta vitamin D di dalamnya memang sangat tinggi. Kita bisa mengonsumsi baik susu sapi, susu kambing, keju hingga yoghurt untuk pemenuhan kalsium harian.

  1. Susu merupakan produk hewani yang bisa dibilang paling menguntungkan karena aneka nutrisi serta mineral yang terkandung di dalamnya. Termasuk di antaranya adalah kalsium, vitamin D serta protein. Namun apabila kita alergi protein, sebaiknya kita menghindari susu sapi dan mengonsumsi susu kambing sebagai alternatifnya.
  2. Produk olahan susu juga tidak kalah kaya akan vitamin D dan kalsium. Salah satunya adalah keju. Keju dapat ditambahkan dalam makanan dan pastikan kita memilih keju yang kualitasnya tinggi.
  3. Kemudian ada lagi yoghurt. Tidak semua jenis yoghurt memiliki kandungan vitamin D. Beberapa jenis yoghurt secara khusus mendapat tambahan vitamin D guna memaksimalkan fungsi kalsium yang ada dalam tubuh. Vitamin D dalam yoghurt mencapai 115-127 IU per cangkirnya.

Baca juga :

Demikian adalah penjelasan mengenai aneka makanan yg mengandung vitamin D dan kalsium. Kekurangan kalsium serta vitamin D akan dapat mengakibatkan masalah serius terutama pengeroposan tulang. Pemenuhan kalsium dan vitamin D akan sangat penting untuk kesehatan tubuh terutama tulang dan gigi. Namun, mengonsumsi vitamin D secara berlebihan ternyata juga dapat berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, perhatikan saran konsumsi vitamin D yang cukup bagi tubuh sehingga kita tidak overdosis ataupun kekurangan. Dosis vitamin D harian yang dianjurkan adalah sebanyak 400 IU. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua mengenai konsumsi vitamin D serta kalsium yang baik untuk tubuh, sumber-sumbernya hingga dosis harian yang dianjurkan.

Loading...
0 Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 + 19 =