Makanan yang mengandung zat besi dan asam folat berikut ini dapat dikonsumsi sehari-hari untuk mencukupi kebutuhan harian akan kedua mineral tersebut. Gizi seimbang dalam makanan sehari-hari akan membantu kita dalam mewujudkan tubuh yang lebih sehat.

Makanan yang mengandung zat besi dan asam folat

Makanan yang mengandung asam folat dan zat besi merupakan mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan otak terutama pada janin dalam kandungan. Sementara zat besi berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Pemenuhan asam folat serta zat besi terutama dapat melalui aneka sayuran hijau yang dapat dengan mudah ditemukan di sekitar kita.

Berikut adalah beberapa makanan yang kaya akan asam folat serta zat besi sehingga baik untuk dikonsumsi sehari-hari.

Baca dulu7 Jenis Makanan Yang Mengandung Asam Folat Tinggi Baik Untuk Kesehatan

 

Makanan yang mengandung asam folat dan zat besi

Aneka sayuran hijau terkenal akan kandungan zat besinya yang tinggi. Selain itu, sayuran hijau di bawah ini juga memiliki kadar asam folat yang tidak kalah tingginya.

1. Makanan mengandung asam folat dan zat besi yang pertama dari golongan sayuran hijau adalah bayam. Dalam tiap 100 gram bayam terkandung 194 microgram (mcg) asam folat.

Baca Juga:  Daftar Makanan Yang Mengandung Asam Folat Dan Omega 3 Tinggi

bayam

Bayam juga populer karena tingginya zat besi dan juga serat pada daunnya. Salah satu manfaat bayam ialah menurunkan kolesterol sehingga sering digunakan sebagai makanan diet. Dalam bayam turut terkandung vitamin B kompleks serta sehat untuk jantung.

2. Kedua ada brokoli. Dalam tiap 100 gram brokoli terkandung 63 mcg asam folat. Bagian brokoli yang sering dikonsumsi adalah daging sayuran yang bentuknya seperti bintik-bintik hijau.

Brokoli tidak hanya kaya akan asam folat namun juga zat besi, kalsium serta vitamin C. Sama seperti bayam, brokoli juga dapat menjadi makanan yang menurunkan kadar kolesterol.

3. Berikutnya makanan tinggi asam folat ada asparagus. Sayuran batang yang memiliki bagian ujung layaknya tombak ini memiliki 135 mcg asam folat di tiap 100 gramnya.

Asparagus tidak hanya mengandung banyak asam folat namun juga kaya akan vitamin K, antioksidan, vitamin E, beta karoten, selenium, vitamin C serta mangan.

Baca Juga:  Makanan Yang Mengandung Asam Folat dan Omega 3 Untuk Ibu Hamil

Konsumsi asparagus harian bagi ibu hamil amat disarankan agar bayi dapat terlindungi dari resiko kecacatan.

 

Makanan mengandung asam folat dan zat besi dari sayuran

Makanan yang mengandung asam folat dan zat besi tidak hanya terbatas pada sayuran hijau saja. Beberapa jenis sayur lain yang warnanya tidak hijau juga dapat kita konsumsi.

1. Pertama ada jagung. Jagung merupakan makanan mengandung asam folat tinggi. Dalam tiap 100 gram jagung terkandung 19 mcg asam folat. Jagung sekaligus menjadi sumber bagi vitamin A, vitamin E serta vitamin B.

jagung yang mengandung zat besi dan asam folat

Dalam jagung turut terkandung serat serta antioksidan yang akan mencegah pertumbuhan sel kanker. Jagung turut menjadi sumber bagi karbohidrat, lemak sehat serta protein.

 

2. Selain jagung, berikutnya makanan tinggi asam folat ada bit merah. Buah bit mengandung 107 mcg asam folat per 100 gramnya. Bentuk buah ini seperti umbi dan warnanya merah keunguan. Buah ini dapat kita konsumsi sebagai makanan olahan, misalnya dengan dibuat jus ataupun salad.

Kandungan mineral dalam buah bit termasuk kalium, magnesium, zat besi, vitamin C, vitamin A serta vitamin B6.

Baca Juga:  Sumber Makanan & Buah Yang Mengandung Asam Folat Tinggi

Demikian adalah beberapa makanan yang mengandung zat besi dan asam folat tinggi. Kita dapat dengan mudah menemukan makanan tinggi asam folat di atas dan mengolahnya menjadi beragam menu yang lezat serta menyehatkan. Makanan yang mengandung asam folat dan zat besi di atas juga baik sebagai menu diet bagi yang ingin menurunkan berat badan. Ini karena aneka makanan di atas memiliki kalori rendah namun seratnya tinggi.

0 Shares