Buah & Makanan Yang Mengandung Vitamin C Tinggi

0
2
makanan yang mengandung vitamin c

Vitamin C disebut juga sebagai asam askorbat. Vitamin C termasuk dalam jenis vitamin yang dapat larut dalam air. Tubuh tidak dapat memperoleh vitamin C secara langsung. Kita harus mengonsumsi aneka makanan yang mengandung vitamin C agar kebutuhan harian akan vitamin ini bisa terpenuhi. Peran vitamin C sendiri sangat besar, termasuk di antaranya adalah untuk menangkal radikal bebas, melakukan pertumbuhan jaringan, menjaga sistem kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan mata dan gusi. Kebutuhan vitamin C harian untuk orang dewasa adalah 60mg/hari, ibu hamil 70mg/hari, ibu menyusui 95mg/hari dan anak-anak 45-50mg/hari.

makanan yang mengandung vitamin c

Aneka Buah Yang Kaya Vitamin C

Banyak jenis buah yang mengandung vitamin C tinggi sehingga dapat kita konsumsi sehari-hari. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Pertama ada jambu biji. Dalam tiap 60 gram buah jambu biji terkandung hingga 378 mg vitamin C. Kandungan vitamin C yang sangat tinggi ini membuat kita dapat memenuhi kebutuhan harian dengan mengonsumsinya.
  2. Kemudian ada buah blackcurrat yang mengandung hingga 200mg vitamin C di tiap 68 gramnya. Buah ini juga dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C.
  3. Buah selanjutnya yang tidak kalah kaya akan vitamin C adalah buah leci. Dalam tiap 100 gramnya terkandung hingga 132 mg vitamin C.
  4. Kemudian ada pepaya. Terdapat 85mg vitamin C dalam 100 gram buah pepaya.
  5. Stroberi juga kaya akan vitamin C, tepatnya 83mg vitamin C per 100 gram buah.
  6. Jeruk Bali mengandung hingga 79mg vitamin C per 100 gram, sementara jeruk biasa hanya 69mg per 100 gram.
  7. Nanas mengandung hingga 77 mg vitamin C per 100 gram buahnya.
  8. Sementara markisa mengandung vitamin C hingga 72 mg per 100 gram, dan kiwi serta sukun masing-masing mengandung 62mg vitamin C per 100 gram.

jambu biji

Akibat Kekurangan Vitamin C

Aneka makanan yang mengandung vitamin C terbanyak di atas bisa kita konsumsi untuk memenuhi kebutuhan harian akan vitamin C. Hal ini juga untuk menghindari akibat dari kekurangan vitamin C yang mungkin terjadi.

  1. Kekurangan vitamin C akan membuat rambut tampak kusut serta kering dan juga pecah-pecah.
  2. Penyakit gigi dan gusi juga dapat terjadi akibat dari kekurangan vitamin C.
  3. Kulti akan tampak tidak sehat, bersisik, kasar dan mudah mendapat bekas apabila digaruk.
  4. Tubuh tidak dapat menangkal infeksi serta sering menderita mimisan.
  5. Yang lebih berbahaya lagi adalah, kekurangan vitamin C akan dapat mengakibatkan aneka penyakit sepert stroke, penyakit tulang, kanker, tekanan darah tinggi hingga radang empedu.

 

Baca juga : Apa Saja Makanan Yang Mengandung Vitamin B12?

Peran vitamin C sangat besar dalam menunjang kesehatan tubuh. Kurangnya vitamin C akan menyebabkan gejala hingga gangguan aneka penyakit berat yang cukup sulit untuk diatasi. Penting untuk menjaga asupan akan vitamin C agar tubuh terhindar dari berbagai penyakit. Vitamin ini juga dapat menjaga kecantikan kulit sehingga penting dikonsumsi bagi kita yang ingin tampil cantik serta sempurna.

Demikian adalah uraian seputar aneka makanan yang mengandung vitamin C terutama dari golongan buah-buahan. Aneka buah tersebut dapat kita peroleh dengan mudah dan murah. Pemenuhan vitamin C tidaklah mahal serta sulit. Kita bisa melakukannya sehari-hari lewat konsumsi beragam jenis buah seperti yang telah disebutkan di atas. Kita bisa mengonsumsinya langsung ataupun dibuat jus. Semoga uraian di atas dapat bermanfaat untuk kita semua.

Loading...
0 Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten + nine =