Apa Saja Makanan Yang Mengandung Vitamin B12?

0
1
Makanan yang mengandung vitamin B12

Kandunganmakanan.my.id – Makanan yang mengandung vitamin B12 hanya dapat diperoleh dari hewan ataupun hasil produksi hewan. Kita tidak bisa memenuhi kebutuhan vitamin B12 dari buah-buahan atau sayuran. Kebutuhan akan vitamin B12 harian sendiri untuk laki-laki dewasa berusia 19 hingga 29 tahun adalah 2.4 mcg per harinya.

Makanan yang mengandung vitamin B12

Vitamin B12 memiliki nama lain kobalamin. Vitamin ini merupakan salah satu golongan vitamin B dengan peran yang cukup penting bagi tubuh. Nutrisi dalam vitamin B12 akan membantu tubuh menjaga sistem syaraf, memproduksi sel darah merah, memproduksi DNA, hingga mencegah terjadinya anemia.

Jenis makanan Yang Mengandung Vitamin B dan B12

Pemenuhan kebutuhan vitamin B12 harian bisa melalui beberapa jenis ikan di bawah ini. Di antaranya adalah ikan haring dan ikan tuna.

1. Sumber vitamin B12 yang pertama adalah ikan haring. Ikan ini sekaligus memiliki kandungan vitamin B12 paling tinggi dibanding jenis-jenis makanan lainnya. Dalam 100 gram ikan haring terdapat hingga 13.11 mcg vitamin B12. Ikan ini banyak ditemukan di perairan Samudera Atlantik. Ikan ini juga seringkali menjadi menu makanan di Belanda. Bahkan, ikan haring mentah seringkali dikonsumsi karena kandungan nutrisinya yang tinggi.

Selain kaya akan vitamin B12, ikan haring juga mengandung 200 kalori, 11.23 gram lemak serta 23.56 gram protein.

Dalam ikan haring juga terdapat vitamin D yang baik untuk pertumbuhan tulang, asam lemak untuk menjaga kesehatan jantung, zat besi, fosfor, kalsium serta magnesium.

 

2. Kedua ada ikan tuna. Ikan ini telah terkenal akan kandungan gizinya yang tinggi. Dalam 100 gram ikan tuna terdapat 10.3 mcg vitamin B12.

Selain vitamin B12, terkandung pula 30.2 gram protein, 182 kalori serta 6.3 gram lemak. Tuna bisa kita dapatkan dalam bentuk ikan segar ataupun kemasan dalam kaleng.

Manfaat tuna di antaranya adalah untuk menjaga kekuatan otot karena tinggi protein, menurunkan kolesterol buruk serta mendukung pembentuka sel darah merah. Tuna juga berkhasiat dalam melindungi sistem imunitas.

Makanan Laut Sumber Vitamin B12

Makanan yang mengandung vitamin B12

Makanan yang mengandung vitamin B dan B12 berikutnya masih dari makanan laut, namun selain ikan. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Pertama ada kepiting dengan kandungan 9.3 mcg vitamin B12 tiap 100 gramnya.

Konsumsi kepiting di Indonesia memang masih cukup rendah karena harga yang relatif tinggi. Selain kaya akan kobalamin, dalam kepiting turut terdapat aneka vitamin, asam amino, zinc, zat besi, kalisum, fosfor dan rendah lemak serta karbohidrat.

Daging kepiting merupakan makanan yang mengandung vitamin b12 yang bisa diolah menjadi aneka masakan.

2. Kedua ada caviar. Makanan ini adalah telur ikan dan diambil dari ikan sturgeon yang merupakan sumber vitamin B12 tinggi.

Warnanya hitam dan terkandung aneka nutrisi yang baik bagi tubuh. Harga caviar memang sangat mahal, namun sedikit saja caviar sudah sangat memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Aneka makanan vitamin B12 yang terpenuhi akan membuat badan kita semakin sehat dan tentunya meningkatkan produktivitas sehari-hari. Sebaliknya apabila kekurangan vitamin B12, badan akan terasa lemah dan mengurangi produktivitas kerja.

Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin B12 memang termasuk memiliki harga yang mahal, terutama caviar serta kepiting, namun kita bisa menggantinya dengan makanan lain yang lebih murah seperti tuna dan kerang.

Demikian adalah aneka makanan yang mengandung vitamin B12. Kita bisa mengonsumsinya sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan harian akan vitamin B12. Aneka makanan di atas juga termasuk lezat rasanya serta bisa dimasak menjadi aneka menu berbeda sebagai variasi agar tidak merasa bosan.

Loading...
0 Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × two =