Ingin Terlihat Berotot ? Konsumsi Makanan Yang Banyak Mengandung Protein Tinggi ini!

0
2
makanan yang mengandung protein tinggi

Kandunganmakanan.my.id – Memiliki tubuh yang ideal adalah dambaan tiap orang. Terutama bagi pria, tubuh yang ideal seringkali diidentikkan dengan otot kekar, berisi serta padat. Pria dengan bentuk tubuh yang berotot serta six pack akan tampak lebih menarik di mata lawan jenisnya. Membentuk otot tidak hanya akan menarik lawan jenis, namun juga melindungi diri dari hal-hal yang harus menuntut adu fisik. Membentuk otot seringkali dilakukan dengan latihan fitness di pusat kebugaran ataupun berolahraga di rumah. Usaha-usaha di atas harus tetap diimbangi dengan konsumsi makanan yang mengandung protein tinggi untuk pembentukan otot. Makanan-makanan ini sangat beragam jenisnya, mulai dari protein hewani hingga nabati.

makanan yang mengandung protein tinggi
Makanan yang mengandung protein tinggi untuk pembentukan otot

 

Makanan yang mengandung protein tinggi

a. Makanan pembentuk otot dari protein hewani

Makanan yang banyak mengandung protein untuk otot dapat berasal dari protein hewani. Di antaranya adalah putih telur, susu, ikan tuna dan yoghurt.

  • Telur telah banyak dikenal sebagai sumber makanan yang kaya akan nutrisi. Untuk menambah massa otot, bagian yang baik dikonsumsi adalah putih telurnya.

Putih telur kaya akan protein serta hampir tidak memiliki kolesterol. Konsumsi putih telur sebelum melakukan olahraga ataupun fitness. Dapat pula dikonsumsi bersama madu atau setelah direbus terlebih dahulu.

  • Susu juga dikenal akan banyaknya kandungan protein serta vitamin di dalamnya. Susu dapat dikonsumsi setelah berolahraga. Kandungan protein dalam susu akan membantu dalam pembentukan otot.

Sementara vitamin dan mineralnya akan membantu proses pemulihan serta perkembangan otot.

  • Makanan pembentuk otot selanjutnya adalah ikan tuna. Kandungan gizinya sangat tinggi, terutama protein. Selain itu, kandungan lemaknya sedikit dan kaya pula akan zat besi kompleks serta vitamin D. Ikan tuna juga kaya omega-3 sehingga protein di dalamnya sama ampuhnya dalam membentuk otot seperti susu serta putih telur.
  • Salah satu produk olahan susu yang bisa dikonsumsi untuk membentuk otot ialah yoghurt. Produk olahan ini dibuat dari susu yang difermentasi sehingga menghasilkan rasa asam. Dalam yoghurt terkandung vitamin B6 yang akan membantu melancarkan metabolisme tubuh. Konsumsi yoghurt plain atau tanpa rasa untuk mendukung pertumbuhan otot.

b. Makanan untuk membentuk Otot berprotein nabati

Selain aneka makanan dari protein hewani di atas, protein nabati juga turut berperan untuk membentuk dan mendukung perkembangan otot.

  • Makanan untuk membentuk otot yang berasal dari protein nabati pertama adalah brokoli. Sayuran ini kaya akan protein di samping vitamin kompleks. Brokoli dapat dikonsumsi dengan cara direbus agar kandungan vitamin di dalamnya tidak hilang.
  • Kedua ada kacang Arab. Kacang ini memiliki kandungan protein dan serat yang cukup tinggi sehingga bagus untuk mendukung pertumbuhan otot. Kandungan lemak dalam kacang Arab juga rendah sehingga sangat baik untuk dimasukkan dalam menu diet.

Dalam membentuk otot, tentu kita tidak bisa hanya mengandalkan aneka makanan di atas. Masih diperlukan olahraga teratur, istirahat yang cukup serta konsumsi air putih dalam jumlah yang sesuai.  Membesarkan otot tentu butuh waktu dan usaha, serta tidak bisa dicapai secara instan.

Melakukan usaha secara konsisten dan berkelanjutan adalah kuncinya. Jangan mudah menyerah apabila belum terlihat hasil dalam beberapa minggu setelah percobaan. Berkonsultasi pada ahli gizi juga dapat dilakukan untuk dapat ditemukan cara yang paling tepat dan sesuai dalam membesarkan otot. Demikian adalah beberapa makanan yang mengandung protein tinggi untuk pembentukan otot. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Loading...
0 Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × one =