Kandunganmakanan.my.id – Tubuh manusia tidak dapat memproduksi sendiri lemak tidak jenuh termasuk omega 3. Karena itulah, konsumsi makanan yang mengandung omega 3 akan sangat dibutuhkan. Tujuan utamanya adalah untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Omega 3 sendiri termasuk jenis lemak tidak jenuh yang dibutuhkan tiap hari oleh tubuh serta dapat dengan mudah didapat dari asupan aneka makanan. Ada sangat banyak jenis makanan dengan kandungan omega 3 di dalamnya yang dapat kita konsumsi. Berikut adalah beberapa di antaranya.

makanan yang mengandung omega 3

Makanan yang mengandung Omega 3

Lemak tidak jenuh seperti omega 3 terutama dapat kita temukan dalam aneka makanan laut. Berikut adalah jenis makanan yang mengandung omega 3 dari makanan laut.

  1. Pertama ada ikan tuna. Dalam ikan tuna terdapat asam lemak omega 3 yang tinggi. Tidak hanya itu, ikan tuna sekaligus menjadi sumber protein serta dapat membantu proses pembentukan jaringan otak.
  2. Selain ikan tuna, ikan sarden juga turut menjadi sumber omega 3 yang baik. Selain sumber omega 3, ikan sarden turut menjadi sumber vitamin D yang perannya sangat penting bagi kesehatan tulang serta gigi.
  3. Ikan salmon menjadi sumber omega 3 selanjutnya. Ikan salmon sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak untuk membantu kecerdasan mereka. Manfaat lain ikan salmon ialah memperbaiki kerusakan ingatan dan menghindarkan seseorang dari penyakit lupa serta meningkatkan daya ingat.
  4. Aneka hewan hasil laut lainnya juga terkenal kaya akan omega 3. Termasuk di antaranya adalah udang, kepiting serta kerang. Omega 3 di dalam makanan hasil laut ini juga dapat menyehatkan jantung serta mencegah terjadinya penyumbatan aliran darah pada sekitar pembuluh arteri jantung.
Baca Juga:  Ketahui Makanan Yang Mengandung Omega 3 Untuk Ibu Hamil

Jenis makanan yang mengandung omega 3 lainya

Asam lemak omega 3 tidak hanya dapat ditemukan dalam makanan laut. Manfaat omega 3 juga bisa kita temukan dalam aneka makanan di bawah ini.

  1. Telur ayam serta bebek mengandung asam lemak omega 3 sangat tinggi, yaitu hingga 60 hingga 150 mg. Omega 3 dalam telur akan dapat membantu mengatasi kerusakan pada jaringan otak serta mencegah penyakit Alzheimer.
  2. Aneka jenis kacang-kacangan juga kaya akan omega 3. Termasuk di antaranya adalah kacang hijau, kacang almond serta kacang merah. Omega 3 di dalamnya cukup tinggi dan baik bagi kesehatan otak serta jantung.
  3. Bayam hijau ataupun merah tidak hanya kaya akan zat besi, kalium dan serat yang akan melindungi tubuh dari anemia. Dalam bayam turut terdapat omega 3 yang dapat mencegah tubuh dari kekurangan omega 3.
  4. Kangkung menjadi sayuran hijau selanjutnya yang kaya akan kandungan omega 3. Dalam kangkung turut terkandung vitamin A serta C sebagai antioksidan serta melindungi jaringan mata. Manfaat lain dari konsumsi kangkung adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Omega 3 dalam kangkung akan membantu menyehatkan jaringan otak serta meningkatkan perkembangan kecerdasan anak.
  5. Terakhir terdapat brokoli. Selain kaya akan omega 3, brokoli juga mengandung beta karoten yang tinggi. Manfaat lain dari brokoli adalah membantu kesehatan jantung.
Baca Juga:  Makanan Yang Mengandung Omega 3, 6 dan 9 (Lengkap)

Demikian adalah beberapa jenis makanan yang mengandung omega 3. Semua makanan tersebut di atas dapat kita peroleh secara mudah dan harganya juga relatif murah. Kita juga dapat mengolahnya menjadi aneka macam masakan yang berbeda agar tidak merasa bosan dengan olahan menunya. Semoga uraian di atas dapat bermanfaat untuk kita semua.

 

0 Shares