Pemenuhan kebutuhan harian akan omega 3 tidak hanya dari protein hewani seperti daging, susu dan ikan maupun protein nabati seperti aneka sayuran hijau. Kita juga bisa memenuhi kebutuhan omega 3 dari aneka buah. Beberapa jenis buah termasuk dalam makanan yang mengandung omega 3 untuk ibu hamil. Selain kandungan omega 3 yang tinggi, buah-buahan ini juga memiliki rasa yang segar, dapat diolah menjadi aneka makanan serta kaya akan vitamin dan mineral. Dalam tiap 100 gram buah terdapat kandungan omega 3 yang tinggi. Berikut adalah beberapa di antaranya.

makanan yang mengandung omega 3 untuk ibu hamil

Buah – buahan yang mengandung omega 3 untuk ibu hamil

Banyak jenis buah yang dapat dijadikan menu makanan ibu hamil karena kandungan omega 3 di dalamnya yang tinggi.

  1. Pertama ada blewah. Buah yang banyak dijadikan sup buah terutama di bulan Ramadhan ini memiliki kandungan hingga 46 miligram (mg) omega 3 dalam tiap 100 gramnya.
  2. Kedua ada jambu biji. Kandungan omega 3 dalam jambu biji bahkan lebih banyak lagi, yaitu 112 mg per 100 gram.
  3. Aneka buah berry juga diketahui kaya akan kandungan omega 3 di dalamnya. Termasuk dalam golongan buah berry ini adalah raspberry dengan jumlah omega 3 126 mg/100gr, strawberry sebanyak 65 mg/100gr, blackberry sebanyak 95 mg/100gr serta bluberry sebanyak 60mg/100gr.
  4. Kismis yang biasa dijadikan topping makanan juga ternyata kaya akan omega 3. Terdapat hingga 42 mg omega 3 dalam tiap 100 gram kismis.
  5. Buah ceri tua yang biasa kita temukan sebagai hiasan kue ulang tahun serta minuman dingin turut diperkaaya omega 3. Dalam tiap 100 gram ceri terdapat 45 mg omega 3.
Baca Juga:  Makanan Yang Mengandung Asam Folat dan Omega 3 Untuk Ibu Hamil

 

Baca juga Apa Saja Makanan Yang Mengandung Omega 3 Tinggi?

buah berry mengandung omega 3 untuk ibu hamil
Buah berry

Buah-buahan yang kaya Omega 3 lainnya

Jika kita kesulitan mendapatkan aneka buah berry, ceri hingga kismis, maka aneka buah di bawah ini dapat menjadi alternatifnya. Aneka makanan yang mengandung omega 3 dan kalsium untuk ibu hamil di bawah ini dapat ditemukan dengan lebih mudah.

  1. Pertama ada buah mangga. Mudah menemukan mangga di negara tropis seperti Indonesia. Dalam tiap 100 gram mangga terkandung hingga 38 mg omega 3. Selain itu, mangga juga kaya akan aneka vitamin lainnya.
  2. Alpukat yang selama ini terkenal sebagai makanan kaya serat dan asam folat juga mengandung kadar omega 3 yang tinggi. Dalam tiap 100 gram alpukat terdapat hingga 110 mg omega 3. Manfaat lain dari alpukat adalah menguatkan jantung dan kalorinya rendah sehingga cocok untuk menu diet.
  3. Berikutnya ada buah pepaya yang juga mudah ditemukan di sekitar kita. Buah yang juga memiliki manfaat di bidang kecantikan ini mengandung hingga 100 mg omega 3 dalam tiap 100 gramnya. Kita bisa mengonsumsi pepaya untuk mencukupi kebutuhan omega 3 harian.
  4. Terakhir ada buah labu yang mengandung 50 gram omega 3 di tiap 100 gramnya, baik labu biasa ataupun labu parang. Labu juga biasa digunakan untuk campuran dalam sup buah.
Baca Juga:  Apa Saja Makanan Yang Mengandung Omega 3 Tinggi?

Daftar makanan yang mengandung omega 3 untuk ibu hamil dari golongan buah di atas sangat beragam dan bisa kita pilih beberapa di antaranya guna memenuhi kebutuhan akan omega 3. Kita juga bisa mendapatkan aneka buah di atas secara mudah dan terjangkau, mulai dari di pasar tradisional hingga supermarket. Semoga uraian di atas dapat membantu dalam memilih makanan yang kaya akan omega 3.

0 Shares