7 Jenis Makanan Yang Mengandung Asam Folat Tinggi Baik Untuk Kesehatan

0
1
Asparagus

Kandunganmakanan.my.id – Asam folat terutama menjadi sumber makanan yang baik bagi kesehatan tubuh. Zat ini biasanya akan dibutuhkan oleh ibu hamil maupun calon ibu hamil dalam mencegah berbagai masalah yang mungkin timbul pada janin. Makanan yang mengandung asam folat juga bagus untuk memelihara imunitas, mencegah stroke serta penyakit jantung. Asam folat juga terbukti dalam menstimulasi pembentukan sel darah merah.

Makanan yang mengandung asam folat

Asam folat termasuk salah satu bentuk dari vitamin B serta akan larut dalam air. Asam folat tepatnya merupakan bentuk sintetis vitamin B9. Asam folat sintetis banyak ditemukan dalam berbagai jenis makanan, terutama sereal, tepung roti serta kacang-kacangan.

Dibawah ini kami berikan beberapa makanan yang banyak mengandung asam folat yang bisa dikonsumsi untuk kebutuhan mineral dalam tubuh.

 

Makanan mengandung asam folat yang mudah ditemukan

Aneka jenis makanan yang mengandung asam folat dapat ditemukan dengan mudah di sekitar kita. Salah satunya adalah berbagai macam sayuran hijau. Selain kaya akan zat besi dan kalsium, sayuran hijau juga menjadi sumber asam folat yang baik.

  1. Pertama ada bayam. Sayuran hijau satu ini sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Bayam termasuk sayuran rendah kalori sehingga baik untuk diet. Hanya ada 23 kalori per satu ons bayam mentah. Seratnya juga tinggi terutama pada daun. Bayam juga terbukti baik untuk menurunkan kolesterol. Dalam bayam juga ditemukan vitamin B kompleks, termasuk tiamin, riboflavin, pyridoxine serta asam folat.
  2. Kedua ada brokoli. Asam folat di dalamnya berjumlah 63 mcg per 100 gram. Selain asam folat, brokoli kaya akan vitamin C serta kalsium. Brokoli juga dapat menjadi makanan penurun kolesterol.
  3. Ketiga ada asparagus. Asam folat di dalamnya berjulah 135 mcg per 100 gram. Selain asam folat, dalam sayuran yang ujungnya berbentuk seperti tombak ini juga terkandung vitamin E, anti oksidan, beta karoten, selenium, vitamin C, mangan serta zinc dan vitamin K. Konsumsi asparagus harus diwaspadai bagi penderita asam urat karena dapat menimbulkan penyakit ini.

Asparagus

4. Selanjutnya ada seledri dengan kadar asam folat 36 mcg per 100 gram. Kalori dalam seledri juga terbilang kecil. Zat lain yang tak kalah penting dalam seledri ialah vitamin C serta riboflavin. Seledri terutama baik bagi ibu hamil serta penderita anemia.

 

 Sayuran kaya asam folat

Selain aneka sayuran hijau di atas, masih ada lagi jenis makanan mengandung asam folat lainnya. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Bit merah yang bentuknya seperti umbi menjadi makanan kaya asam folat selanjutnya. Buah ini biasa dikonsumsi menjadi salad ataupun jus. Kandungan gizi di dalamnya termasuk kalium, magnesium, vitamin A, vitamin C, vitamin B6 serrta zat besi.
  2. Kol atau kubis, baik yang berwarna putih, hijau maupun ungu sama-sama kaya akan asam folat. Asam folat dalam kubis terutama bagus untuk mendukung DNA pada ibu yang sedang hamil.
  3. Jagung menjadi sayuran kaya asam folat selanjutnya. Dalam jagung terkandung vitamin A, vitamin E serta vitamin B di samping 19 mcg asam folat per 100 gram. Jagung bisa diolah menjadi berbagai macam makanan serta campuran sop.

Demikian adalah beberapa makanan yang mengandung asam folat dari kategori sayuran. Semua sayuran yang disebutkan di atas bisa ditemukan dengan mudah di pasaran serta diolah menjadi beragam macam masakan yang lezat. Kita bisa menyantapnya tiap hari untuk memenuhi kebutuhan harian akan asam folat. Sayuran di atas terutama bagus untuk ibu hamil guna menunjang pertumbuhan janin.

Loading...
0 Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five + four =