Kandungan Gizi Wortel & Manfaatnya, Pilih dibuat Jus atau dimakan Utuh?

0
2
Kandungan gizi wortel

Wortel merupakan tumbuhan biennial atau tumbuhan yang memiliki siklus hidup 12 – 24 bulan. Kandungan gizi wortel tersimpan dalam jumlah banyak seperti vitamin, karbohidrat, senyawa kimia, dan kandungan mineral yang banyak.

Kandungan gizi wortel

Wortel biasanya dibudidayakan di dataran tinggi yakni minimal 1000 dpl dengan udara optimal 15 sampai 21 derajat celcius (Wikipedia). Daerah penghasil wortel di Indonesia antara lain Dieng, Batu, Nongkojajar dan Priangan.

Kandungan gizi wortel dan manfaatnya

Wortel memiliki senyawa yang berasal dari tumbuhan yang penting untuk tubuh manusia. Diantaranya adalah:

Beta-Karoten

Alpha-Karoten

Polyacetylene

Anthocyanin

Likopen

Lutein

Wortel juga memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk kebutuhan nutrisi atau gizi tubuh manusia. Berikut ini tabel kandungan gizi wortel per 100 gram.

Tabel Kandungan Gizi Wortel Per 100 Gram

Gizi / Nutrisi Kandungan AKG%
Karbohidrat 9,6g
Kalori 41kal
Protein 0,9g
Lemak 0,2g
Air 88%
Gula 4,7g
Serat 2,8g
Vitamin A 835µg 93%
Vitamin B1 (Thiamine) 0,07mg 6%
Vitamin B2 (Riboflavin) 0,06mg 4%
Vitamin B3 (Niacin) 0,98mg 6%
Vitamin B5 (Panthothenic acid) 0,27mg 5%
Vitamin B6 (Pyridoxine) 0,14mg 11%
Vitamin B9 (Folat) 19µg 5%
Vitamin B12 0µg
Vitamin C 5,9mg 7%
Vitamin D 0µg
Vitamin E 0,66mg 4%
Vitamin K 13,2µg 11%
Kalsium 33mg 3%
Magnesium 12mg 3%
Fosfor 35mg 5%
Zat Besi 0,3mg 4%
Tembaga (Copper) 0,05mg 5%
Sodium 69mg 5%
Potassium (Kalium) 320mg 7%
Cholin 8,8mg 2%
Manganese 0,14mg 6%
Seng (Zinc) 0,24mg 2%
Selenium 0,1µg 0%

Sumber: https://ilmupengetahuanumum.com/

Baca Juga:

Manfaat wortel untuk kesehatan tubuh

  1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A 835µg per 100 gramnya akan menjaga kesehatan mata kita. Kandungan tersebut sudah merupakan 93% dari angka kebutuhan vitamin A harian kita. Pentingnya wortel untuk menjaga kesehatan mata karena kandungan Lutein serta Beta Karoten dalam wortel.

  1. Menurunkan kolestrol dalam darah

Kabar gembira bagi Anda yang sering mengeluhkan kolestrol sering naik. Anda dapat mengkonsumsi wortel secara berkala untuk menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Kita ketahui kolestrol dapat memicu stroke dimana aliran darah ke otak tidak lancar atau tersumbat.

Soluble fiber atau serat larut dalam wortel dapat mengikat kolestrol serta empedu dimana ini tidak akan diserap usus halus namun akan diproses dan dibuang langsung melalui usus besar. Jika ini terjadi, maka hati akan memakai kolestrol dalam darah untuk mengganti empedu yang hilang tadi. Dengan begitu maka kolestrol dalam darah kita akan turun.

  1. Mengurangi resiko kanker

Beberapa penelitian membuktikan jika kandungan Beta Karoten dalam wortel dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Penyakit kanker tersebut antara lain kanker prostat, kanker payudara, kanker paru – paru dan kanker kolon (usus).

  1. Mengatasi sembelit

Wortel mengandung serat yang tinggi yang berguna dalam melancarkan BAB. Sebanyak 25%, konsumsi wortel dapat melancarkan BAB dan mengatasi masalah susah buang air besar atau sembelit.

  1. Membantu menjaga kesehatan kulit

Permasalahan kulit seperti jerawat, kerutan pada kulit wajah (penuaan dini), kulit kering dan permasalahan kulit lainnya dapat teratasi dengan konsumsi wortel secara rutin. Ini berkat kandungan vitamin A pada wortel. Jika kekurangan asupan vitamin A, maka akan berakibat pada keringnya rambut dan bagian kuku kita.

  1. Melindungi tubuh dari berbagai penyakit

Wortel mengandung antioksidan tinggi dari vitamin C yang dikandunganya. Ini merupakan bahan penting untuk perlindungan tubuh dari berbagai penyakit, serta menagkal radikal bebas yang suatu saat dapat menyerang tubuh.

  1. Mengontrol detak jantung dan tekanan darah

Kesehatan jantung dan tekanan darah akan lebih sehat dengan kita mengkonsumsi wortel secara berkala. Hal ini berkat kandungan gizi wortel yang kaya mineral. Salah satunya adalah kalium yang mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Mineral lain yang tak kalah penting seperti kalium, tembaga, kalsium, mangan serta fosfor.

Cara terbaik mengkonsumsi wortel: Pilih dibuat jus atau wortel utuh?

Berikut menurut Departemen Pertanian dan Nutrisi Amerika mengenai kandungan gizi wortel utuh dan wortel yang telah dibuat jus:

1 cangkir jus wortel terkandung:

  • 219 gr karbohidrat
  • 1,9 serat
  • 9 gram gula
  • 2,24 gram protein
  • 0,35 lemak
  • 94 kkal
  • 2,256 mikrogram vitamin A
  • 36,6 mikrogram vitamin K
  • 20,1 mg vitamin C
  • 0,512 mg vitamin B-6
  • 0,217 mg thiamin
  • 689 mg kalium

Sedangkan 1 cangkir wortel utuh terkandung:

  • 6 gram gula
  • 3,5 gram serat

Sumber: https://www.antaranews.com/berita/671342/pilih-jus-wortel-atau-wortel-utuh

Dari data kandungan kimia wortel diatas, Anda tentu bisa menentukan dan memilih untuk mengkonsumsi wortel dalam bentuk dibuat jus daripada dikonsumsi utuh.

Perbedaan wortel import dan lokal

Apa perbedaan wortel import dan wortel lokal?

Secara fisik wortel import:

  1. Cenderung gemuk
  2. Warna jingga mencolok
  3. Tekstur lebih halus dari wortel lokal

Wortel lokal:

  1. Cenderung kurus memanjang
  2. Warna jingga  cerah agak pucat
  3. Tekstur lebih kasar, tidak memiliki banyak rambut seperti wortel import

Wortel import di Indonesia didatangkan dari Australia dan Tiongkok. Perlu kita ketahui juga, jika wortel import memiliki harga yang lebih murah daripada wortel lokal. Kita dapat membelinya di supermarket.

Baca dulu:

Itulah informasi seputar kandungan gizi wortel mentah serta manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi wortel dalam bentuk jus akan memberikan manfaat yang lebih besar daripada dikonsumsi utuh. Disamping itu, pencernaan akan lebih cepat menyerap kandungan gizi dalam wortel yang dibuat jus.

Loading...
1 Shares