Vitamin D termasuk vitamin yang unik serta memiliki karakteristik khusus dibandingkan vitamin lainnya. Tubuh akan mendapat vitamin D secara alami saat ada bagian kulit terkena sinar matahari. Vitamin D dalam tubuh juga dapat berubah fungsi menjadi kalsitriol atau hormon. Fungsi vitamin D terutama adalah untuk membantu proses penyerapan kalsium serta magnesium ke seluruh bagian tubuh, menjaga kebutuhan kadar kalsium serta fosfor dalam darah, mengendalikan laju pertumbuhan gigi dan tulang serta mendukung fungsi otot seperti otot pada paru-paru, jantung dan otak. Berikut adalah beberapa contoh makanan yang mengandung vitamin D.

Contoh makanan yang mengandung vitamin D

Contoh makanan yang mengandung vitamin D

Bahan makanan yang mengandung vitamin D dalam kadar tertinggi adalah minyak hati ikan kod. Kadar vitamin D per 100 gramnya adalah sebanyak 10.000 IU. Ikan kod sendiri merupakan jenis ikan dengan aneka kandungan nutrisi serta dagingnya bisa diolah menjadi aneka makanan, baik makanan asin maupun makanan kemasan. Hati ikan kod seringkali diolah menjadi minyak dan dimekas dalam kapsul.

  1. Manfaat dari konsumsi minyak hati ikan kod yang pertama adalah membantu penyerapan kalsium oleh tubuh. Vitamin D dalam minyak hati ikan kod juga akan meringankan gejala osteoporosi serta melawan kerusakan tulang.
  2. Asam lemak omega 3 di dalamnya akan sangat baik untuk mencegah terjadinya pengapuran serta penimbunan plak di arteri.
  3. Sangat baik untuk proses penyembuhan luka karena adanya zat alami yang berfungsi melawan infeksi dalam tubuh.
  4. Meningkatkan kecerdasan otak, membantu fungsi otak serta mencegah terjadinya kepikunan.
Baca Juga:  Harga Obat & Vitamin Penambah Nafsu Makan Untuk Dewasa Di Apotik

Bahan makanan lain yang mengandung vitamin D tinggi

Selain minyak hati ikan kod, masih ada lagi beberapa jenis makanan yang terkenal akan tingginya kandungan vitamin D di dalamnya. Sumber vitamin D ini terutama berasal dari makanan laut.

  1. Vitamin untuk tulang dapat kita peroleh dari ikan haring. Dalam 100 gram ikan haring terdapat 215 IU vitamin D. Ikan ini bisa diperoleh secara impor karena paling banyak berada di Samudera Atlantik. Rasa dagingnya lembut serta lezat. Dalam lima ons ikan haring terdapat 270 kalori, protein, vitamin, mineral serta lemak sehat. Manfaat konsumsi ikan haring terutama adalah mensuplai produksi sel darah merah sehingga tubuh lebih sehat. Aneka mineral lain dalam ikan haring termasuk kalsium, fosfor serta magnesium yang akan mencukupi kebutuhan mineral harian.
  2. Kedua ada ikan sarden. Terdapat 190 IU vitamin D dalam tiap 100 gram ikan sarden. Ikan ini banyak ditemukan di Indonesia sehingga dapat menjadi alternatif apabila tidak terdapat ikan haring. Ikan ini biasa dikemas dalam kemasan kaleng serta diperkaya nutrisi dan bumbu. Dalam ikan sarden terkandung pula fosfor, selenium, magnesium, protein hingga asam lemak omega 3. Ikan sarden juga dapat mencukupi kebutuhan vitamin D untuk orang dewasa maupun anak-anak. Vitamin A dalam sarden sangat bagus dalam menjaga kesehatan mata, sementara asam lemak omega 3 di dalamnya juga baik dalam menjaga otot jantung.
Baca Juga:  Buah & Makanan Yang Mengandung Vitamin C Tinggi

 

Baca jugaApa Saja Makanan Yang Mengandung Vitamin B12?

Aneka contoh makanan yang mengandung vitamin D di atas dapat kita konsumsi sehari-hari untuk mencukupi kebutuhan harian vitamin D. Walau tubuh dapat memproduksi sendiri vitamin D saat kulit terkena sinar matahari, namun penting juga untuk mendapat suplai vitamin D dari aneka bahan makanan. Demikian aneka makanan yang kaya akan vitamin D. Semoga informasi di atas berguna serta bisa bermanfaat bagi kita semua.

0 Shares