Cara Membuat Bayi Gemuk & Sehat Dengan Susu Formula

0
3

Melihat buah hati tumbuh gemuk, sehat, menggemaskan dan menjadi kesayangan orang banyak adalah hal yang sangat diimpi-impikan para orang tua. Tak banyak dari mereka yang mencari cara membuat bayi gemuk dan sehat. Namun, sebagian dari mereka salah mengartikan kata gemuk dengan tanpa memperhatikan segi asupan yang baik dan benar. Kelebihan asupan nutrisi memang bisa membuat bayi tampak lebih gemuk, namun hal itu bisa menjadi indikasi bahwa buah hati mengalami gejala penyakit seperti diabetes atau obesitas. Jangan salah memberikan nutrisi, berikut adalah cara membuat bayi gemuk dengan susu formula yang baik dan benar.

Cara Membuat Bayi Gemuk Dengan Susu Formula Yang Baik Dan Benar

Cara Membuat Bayi Gemuk Dengan Susu Formula

  1. Pilih Susu Formula Yang Sesuai Dengan Kebutuhan Sang Bayi

Cara bikin bayi gemuk dengan susu formula yang baik dan benar bukanlah melulu masalah kuantitas, namun juga pemberian nutrisi yang pas. Apabila nutrisi yang diberikan kepada bayi tidk tepat atau bahkan cenderung berlebihan, malah bukan buat sehat namun justru membuat bayi mengalami penyakit. Oleh karena itulah penting kiranya bagi anda untuk memberikan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan sang bayi. agar lebih aman, anda bisa berkonsultasi kepada dokter anak atau dokter gizi terdekat untuk mengetahui cara membuat bayi gemuk dan sehat yang baik dan benar.

  1. Berikan Susu Formula Pada Waktu Dan Takaran Yang Tepat

Seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, bahwa memberikan susu formula haruslah sesuai dengan kebutuhan sang bayi, apabila tidak maka bayi rentan mengalami penyakit kelebihan nutrisi. Oleh karenanya anda perlu membuat jadwal untuk memberikan susu formula, sesuaikan jadwal pemberian susu formula tersebut sesuai dengan kebutuhan. Selain menjadwal pemberian susu, anda juga wajib memperhitungkan takaran susu yang pas, tidak kurang dan tidak lebih. Selain itu anda juga harus memilih jenis dan merk susu formula untuk bayi 0-6 bulan atau 6-12 bulan yang tepat, agar nutrisinya bisa sesuai dengan kebutuhan sang bayi.

  1. Ketahui Kalau Bayi Sudah Merasa Kenyang Atau Lapar

Hal penting dalam cara membuat bayi gemuk dengan susu formula yang harus diperhatikan para orang tua ialah, mengetahui kapan bayi meminta untuk makan dan kapan bayi sudah merasa kekenyangan. Mengacu pada tips sebelumnya, penjadwalan haruslah sesuai dengan sang bayi ketika ia merasa lapar, biasakan untuk memberikannya minum susu formula sesuai jadwal tersebut. karena apabila bayi kelewatan jam minum susu maka bayi akan merasa kelaparan dalam jangka waktu yang lebih lama sehingga nutrisi tidak dapat diterima oleh tubuh secara maksimal. Begitu pula ketika bayi sudah merasa kenyang, namun kita memaksanya untuk menghabiskan minumannya, justru hal ini akan membuat sistem pencernaannya menolak dan akhirnya memuntahkannya kembali.

Baca Dulu:

  1. Jangan Mengganti Susu Dengan Jus

Cara bikin bayi gemuk dengan susu formula selanjutnya ialah dengan selalu mengingat bahwa setiap kali bayi merasa lapar maka susu formula menjadi satu yang harus diberikan. Tidak boleh kemudian digantikan oleh beberapa alternatif lain, tak terkecuali jus. Jus memang dinilai memiliki nilai nutrisi yang baik, khususnya kandungan vitamin yang sangat penting untuk kekebalan tubuh bayi. namun perlu diingat, bahwa susu formula adalah pemeran utama sebagai sumber nutrisi bayi yang baik. Susu lebih sehat untuk bayi karena memiliki nutrisi yang lebih lengkap, mulai dari vitamin, kalsium,mineral, lemak dan juga prebiotik yang mudah untuk diserap tubuh. Lain dengan jus, yang hanya memiliki beberapa kandungan vitamin dan mineral, namun tidak memiliki nutrisi lain yang dibutuhkan oleh bayi seperti lemak, prebiotik atau juga kalsium. Oleh karenanya cara membuat bayi gemuk dengan susu formula lebih baik dibandingkan menggunakan jus.

  1. Apakah Makanan Pendamping ASI Juga Diperlukan?

Banyak orang tua yang beranggapan bahwa pemberian susu formula belumlah cukup untuk melengkapi nutrisi sang buah hati. maka tak jarang dari mereka yang menambahkan menu makanan pendamping ASI sebagai sumber nutrisi lainnya, jadi susu formula dan pendamping ASI diberikan secara rutin. Pemberian makanan pendamping ASI dan susu formula ini dinilai lebih cepat menggemukkan bayi dalam waktu yang singkat, bahkan mereka memberikannya dalam jumlah yang banyak. ingat, bahwa dalam cara bikin bayi gemuk dengan susu tidak melulu soal banyak tidaknya makanan yang diberikan, namun pemberian makanan yang pas dan sesuai. Jadi cara ini kurang tepat apabila diterapkan kepada sang bayi.

  1. Memastikan Bayi Aktif Bergerak

Salah satu indikasi sang bayi memiliki pencernaan yang baik adalah dengan gerakannya yang selalu lincah dan ceria. Pencernaan yang baik, ikut mendukung penyerapan nutrisi yang dibutuhkan, dengan begitu sang bayi bisa tumbuh lebih optimal dan berat badan lebih ideal. Oleh karenanya penting bagi para ibu untuk selalu memperhatikan keaktifan bayinya. Apabila bayi terlihat lemas dan kurang lincah, maka kemungkinan bayi mengalami gangguan pencernaan atau lainnya.

Baca Juga:

Itulah beberapa cara membuat bayi gemuk dengan susu formula yang baik dan benar. Untuk lebih meyakinkan kesehatan bayi, anda bisa kemudian berkonsultasi ke dokter anak atau juga dokter ahli gizi untuk mengetahui cara agar bayi gemuk tanpa ASI. Jangan khawatir untuk memberikan susu formula di usia di bawah 2 tahun, karena banyak susu formula yang dikhususkan untuk bayi. kandungan nutrisi pada susu dijamin memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi sang bayi, sehingga baik untuk dikonsumsi setiap hari sebagai pendamping ASI. Susu formula juga menjadi salah satu alternatif bagi para ibu yang memiliki masalah ASI selama 2 tahun pertama sang bayi.

Loading...
0 Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × two =