Jika selama ini Anda berpikir bahwa asam folat hanya dibutuhkan oleh ibu hamil, maka Anda salah besar. Asam folat merupakan salah satu mikronutrien yang apabila pemenuhannya tidak tercukupi dapat menimbulkan penyakit dan mengganggu kesehatan Anda. Selain dari pil atau suplemen, Anda juga dapat menyuplai asam folat dari sayur dan buah yang mengandung asam folat. Beberapa sayur dan buah mengandung asam folat atau vitamin B9 secara alami, sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

buah yang mengandung asam folat

Perlu Anda ketahui, pemenuhan asam folat ini selain berperan penting untuk perkembangan janin, juga berperan dalam pertumbuhan dan regenerasi sel-sel tubuh, membantu meningkatkan produksi sel darah merah, mencegah depresi, serta mengurangi resiko kanker dan alzheimer. Peran yang cukup krusial bukan ? Jadi, apa saja buah dan sayur yang mengandung asam folat ? Berikut informasinya.

Sayur & Buah yang Mengandung Asam Folat Terbanyak 

  1. Delima

Buah elima termasuk buah yang mengandung asam folat  cukup tinggi. Kalau Anda sering mengeluh ketika memakan buah delima, mungkin sudah saatnya Anda berpikir ulang untuk lebih sabar saat memakan buah yang satu ini. Karena dibalik ketelatenan Anda dalam mengonsumsi buah ini, Anda dapat memenuhi sekitar 27% AKG kebutuhan asam folat Anda, lho. 

  1. Wortel

Mungkin selama ini Anda mengira bahwa wortel hanya kaya akan vitamin A dan berkhasiat khusus untuk kesehatan mata. Namun, ternyata wortel juga mengandung vitamin B9 juga, lho. So, wortel termasuk makanan yang mengandung asam folat tinggi selanjutnya ya.

 Anda bisa mengonsumsi wortel ini dengan cara dijus, dimakan dalam bentuk utuh (asal sudah dicuci sampai bersih), atau dikukus terlebih dahulu. Mengonsumsi 1 cangkir wortel, dapat menyuplai kebutuhan asam folat sekitar 5% dari kebutuhan harian Anda.

  1. Alpukat
Baca Juga:  Daftar Makanan Yang Mengandung Asam Folat Dan Omega 3 Tinggi

Buah yang banyak mengandung asam folat, yang kedua adalah Alpukat. Buah ini selain terkenal akan kandungan lemak baik, juga sangat terkenal dengan kandungan asam folatnya yang cukup tinggi. Jika Anda mengonsumsi 1 cangkir daging alpukat, kebutuhan asam folat Anda sudah berhasil di suplai sekitar 22% AKG. Cukup tinggi bukan?

  1. Bayam

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan sayur yang satu ini. Sayur kesukaan tokoh kartun, Popeye, yaitu sayur bayam adalah  jenis makanan yang mengandung asam folat selanjutnya. Sayur ini sangat mudah Anda temukan dengan harga yang murah, cara mengolahnya pun tidak membutuhkan keahlian khusus.

Biasanya, masyarakat mengolah sayur bayam menjadi sayur bening atau dijadikan keripik bayam. Anda dapat mengonsumsi sayur bayam setiap hari, setidaknya 1 cangkir daun bayam dapat menyuplai 263 mcg asam folat ke dalam tubuh Anda.

  1. Pisang

Pisang termasuk buah yang mengandung asam folat yang cukup tinggi. Setiap Anda mengonsumsi satu buah pisang dengan ukuran besar, kebutuhan asam folat Anda akan tersuplai sebanyak 27 mcg. Selain menyuplai asam folat, buah berwarna kuning cerah ini juga mengandung serat yang tinggi dan mampu memperbaiki mood Anda.

  1. Asparagus

Bahan makanan yang banyak mengandung asam folat tinggi selanjutnya adalah asparagus. Sayur ini dapat menyuplai setengah dari kebutuhan asam folat harian Anda, yaitu sekitar 262 mcg. Anda dapat mengolah asparagus dalam bentuk sop, bubur, soto, atau dioseng agar proses mengonsumsi asparagus terasa lebih nikmat. Selain menyuplai asam folat, mengonsumsi asparagus juga akan membantu Anda memenuhi kebutuhan vitamin A, C, dan K.

  1. Pepaya
Baca Juga:  Makanan Yang Mengandung Asam Folat dan Omega 3 Untuk Ibu Hamil

Salah satu buah yang mengandung asam folat terbanyak adalah pepaya. Buah berwarna kuning hingga jingga ini bisa mampu memenuhi kebutuhan asam folat harian Anda hingga 29%, dengan kata lain, tiap satu buah pepaya mengandung sekitar 115 mcg asam folat. Wow, ternyata pepaya memiliki kandungan asam folat yang lebih tinggi daripada delima ya ? Bahkan tanpa perlu ketelatenan tinggi dalam mengonsumsinya.

  1. Brokoli

brokoli

Jika Anda salah satu penggemar brokoli, maka pilihan selera sayuran Anda sudah tepat. Selain berfungsi untuk detoksifikasi tubuh, brokoli juga termasuk makanan yang mengandung asam folat tinggi juga, lho.

Setiap kali Anda mengonsumsi 1 cangkir sayur brokoli, kebutuhan asam folat harian Anda setidaknya sudah tercukupi sebesar 24%. Anda dapat dengan mudah mengonsumsi brokoli ini dengan mengolahnya dalam sop, direbus, digoreng dalam balutan tepung krispi, maupun dioseng.

  1. Mangga

Siapa yang tidak cinta dengan Mangga ? Buah berwarna kuning orange ini terkenal dengan rasa asam manis yang sedap. Dibalik rasanya yang enak, ternyata mangga termasuk ke dalam buah yang mengandung asam folat juga, lho.

Setiap Anda mengonsumsi satu buah mangga, asupan asam folat Anda sudah tercukupi sekitar 36% kebutuhan harian. Lumayan kan ? Tentunya dengan rasa yang enak ini sangat memungkinkan Anda mengonsumsi buah mangga lebih dari satu buah ya dalam sehati. Boleh-boleh saja, asal jangan berlebih ya.

  1. Blumkol (Kembang Kol)
Baca Juga:  Ini Dia, Makanan Yang Mengandung Asam Folat Tinggi Agar Cepat Hamil!

Secara penampakan, wujud kembang kol ini memang agak mirip dengan brokoli ya. Dan ternyata, tidak hanya wujudnya saja yang mirip, kembang kol ini juga sama sama termasuk jenis makanan yang mengandung asam folat seperti brokoli meskipun dalam jumlah yang lebih sedikit.

Dalam satu cangkir kembang kol yang diolah dengan cara direbus, terkandung 55 mcg asam folat. Jumlah ini sama dengan memenuhi kebutuhan asam folat harian Anda sekitar 14%.

Baca juga :

Itu dia 10 sayur dan buah yang mengandung asam folat dengan berbagai kadar yang berbeda. Tentunya, sayur dan buah yang mengandung asam folat ini sangat mudah Anda temukan dan memiliki rasa yang enak. Semoga bermanfaat.

0 Shares