Kandunganmakanan.my.id Apa saja buah yang baik untuk ibu hamil? Jika Anda sedang hamil muda, atau usia kehamilan 3 bulan maupun 6 bulan tentunya sangat menginginkan nutrisi yang baik untuk perkembangan janin. Ada beberapa rekomendasi buah buahan yang baik untuk asupan nutrisi ibu hamil. Anda dapat mengkonsumsinya secara utuh maupun di buat dalam bentuk jus buah.

buah yang baik untuk ibu hamil

 

Wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat yang mengandung nutrisi lengkap, terutama buah-buahan. Hal ini dikarenakan mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh untuk ibu hamil dan janin. Buah untuk wanita hamil juga bisa menjadi makanan ringan sebagai pengganti snack ringan yang banyak mengandung kalori tapi sedikit vitamin dan mineral.

Pentingnya Konsumsi Buah buahan Untuk Ibu Hamil

Selain kandungan vitamin dan mineral yang banyak ditemukan pada buah, buah – buahan juga mengandung serat yang bisa mengaktifkan sistem pencernaan dan mengurangi sembelit pada ibu hamil.

Beta-karoten vitamin A dalam buah berfungsi untuk membantu pengembangan sel dan jaringan bayi, selain itu juga berperan penting dalam proses perkembangan penglihatan dan kekebalan tubuh.

Vitamin C dalam buah bekerja untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta kolagen pada jaringan ikat bayi. Asam folat pada buah dapat membantu mencegah cacat lahir dan anemia. Kalium pada buah membantu menjaga tekanan darah dan keseimbangan cairan tubuh ibu hamil.

buah buahan yang baik untuk ibu hamil
Buah buahan yang baik untuk ibu hamil

Buah memiliki kandungan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Konsumsi buah setiap hari sangat baik dan dianjurkan sebagai pemenuhan nutrisi tubuh untuk ibu hamil. Karena itu, jangan malas untuk mengkonsumsi buah secara teratur dan rutin setiap hari.

Pada umumnya buah-buahan memiliki manfaat bagi siapa saja yang mengonsumsinya. Demikian pula untuk wanita hamil, beberapa jenis buah dianjurkan untuk dikonsumsi terkait dengan periode tertentu selama kehamilan.

Berikut ini kami berikan buah yang baik untuk ibu hamil dan juga janin.

Apa saja buah yang baik untuk Ibu hamil

1. Buah Apel

Apel merupakan buah buahan yang baik untuk ibu hamil muda. Tahukah Anda ada banyak sekali kandungan vitamin dalam apel, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9 dan C.

Baca Juga:  Manfaat & Kandungan Buah Pisang Untuk Kesehatan Serta Kecantikan

Buah apel akan sangat membantu menjaga kesehatan ibu dan janin. Bahkan dianjurkan untuk mengkonsumsi apel setiap hari, terutama apel hijau yang isinya lebih alami daripada apel merah yang biasanya dijual di banyak supermarket.

Manfaat yang dimiliki buah yang baik untuk ibu hamil muda ini yaitu kandungan serat tinggi sehingga membuatnya cocok untuk wanita hamil sebagai sistem pencernaan.

buah yang baik untuk ibu hamil muda
Apel adalah buah yang baik untuk ibu hamil muda

Selain itu, manfaat apel bagi wanita hamil juga karena mengandung asam malat dan tanin berguna untuk mengurangi terjadinya pembengkakan pada bagian tertentu karena efek kehamilan, seperti kaki, siku dan lainnya.

Selain itu apel juga mampu mengurangi mual yang biasanya merupakan gejala ibu hamil. Baiknya apel dikonsumsi setiap hari untuk wanita hamil selama periode kehamilan, minimal 1 buah sehari.

Anda dapat membuatnya sebagai jus buah dimana baik untuk organ pencernaan karena akan lebih cepat terserap oleh usus ibu hamil.

2. Buah anggur

Anggur adalah buah yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil. Ada beragam manfaat anggur bagi wanita hamil karena buah ini memiliki beragam kandungan yang sangat penting untuk wanita hamil dan janinnya.

Kandungan buah anggur seperti kaya akan vitamin A, C dan B1, selain itu terdapat pula beta karoten, fosfor, kalsium, besi, DHA, magnesium, asam folat, omega 3 dan serat.

Diantara kandungan tersebut, salah satunya sangat berguna untuk membantu perkembangan otak janin yaitu asam folat. Kandungan ini membantu pembentukan saraf di otak janin, membantu pembentukan tabung serebral untuk janin dan mengurangi risiko cacat otak saat bayi lahir.

Jadi, mengkonsumsi anggur adalah cara mudah untuk membuat anak cerdas semenjak dari rahim.

Buah anggur juga mampu membantu pembentukan tulang dan gigi janin karena kandungan folat dan kalsium. Selain itu buah Anggur juga dapat memperkuat tulang ibu hamil.

Buah anggur menjadi buah yang tidak baik untuk ibu hamil jika dikonsumsi lebih dari 50 gram per hari. Ini karena anggur juga memiliki kandungan alkohol, jadi akan sangat berbahaya jika dikonsumsi berlebihan dan tanpa kontrol.

Baca Juga:  Benarkah Buah Alpukat Bikin Gemuk ?

3. Buah Naga

Meskipun banyak orang mungkin berpikir bahwa buah naga adalah larangan untuk wanita hamil, tapi rupanya tuduhan itu tidak benar dari segi ilmiah.

Kandungan isi yang bervariasi dari buah naga sebenarnya sangat berguna bagi wanita hamil bila dikonsumsi secara teratur dan tidak berlebihan. Adapun kandungan buah naga tersebut seperti besi, karoten, karbohidrat, folat, serat dan lain-lain.

Buah Naga untuk ibu hamil

Jika ibu hamil memiliki riwayat penyakit anemia, maka sangat disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah naga. Hal ini karena kandungan zat besi dalam buah naga dapat membantu pembentukan sel-sel darah merah dalam tubuh. Kandungan karoten dalam buah naga juga membantu meningkatkan indera penglihatan selama janin berada dalam uterus.

4. Buah cherry

Beberapa bahan yang ada dalam buah cherry sangat berguna untuk ibu hamil dan janin. Adapun kandungannya termasuk zat besi, kalium, tembaga, mangan dan lain-lain. Manfaat yang bisa diperoleh untuk wanita hamil antara lain mampu membantu melancarkan sistem pencernaan dan menyebabkan kulit bayi sehat dan putih. Jadi bagi ibu hamil yang menginginkan bayi berkulit putih, cobalah makan buah cherry.

Selain itu, buah cherry juga baik untuk memperlancar aliran darah dan berperan sebagai garnis untuk ibu hamil. Sehingga akan dapat mengubah suasana hati ibu untuk menjadi bahagia saat makan. Dengan kata lain, buah cherry akan membantu meningkatkan nafsu makan ibu, jadi jika Anda ingin memiliki selera makan yang baik, maka Anda dapat dengan rutin mengkonsumsi buah ini.

5. Buah alpukat

Beberapa bahan yang kaya nutrisi dalam alpukat, seperti asam folat, vitamin B kompleks dan potassium. Kandungan buah alpukat ini sangat berguna dalam mengembangkan otak janin. Selain itu, buah alpukat juga bisa mengurangi gejala mual yang biasanya terjadi pada ibu hamil.

Sedangkan bahan-bahan lain seperti kalsium, vitamin C, vitamin E dan K. Kandungan ini mampu membantu proses pembentukan tulang janin, memperkuat tulang ibu, menghasilkan hormon prolaktin dan pembentukan sel darah merah. Selain itu, alpukat adalah buah yang memiliki kandungan rendah lemak.

6. Strawberry

Buah buahan yang baik untuk ibu hamil lainnya ada strawberry. Banyak orang sudah tahu manfaat strawberry untuk ibu hamil karena mengandung nutrisi, seperti asam folat, kalium, asam ellagic, vitamin B dan C.

Baca Juga:  Kandungan Buah Pir Serta Manfaatnya Untuk Diet, Kesehatan & Kecantikan!

Kandungan tersebut akan membantu menjaga kesehatan ibu dan bayi pada umumnya. Selain itu vitamin C tinggi dalam buah stroberi dapat bertindak sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Selain itu, kandungan asam folat dan vitamin B dapat mencegah anemia pada wanita hamil karena membantu pembentukan sel darah merah. Tidak hanya itu, buah ini juga berperan penting dalam perkembangan sistem saraf, terutama pada janin. Sehingga risiko cacat pada saraf bayi dapat dicegah.

Manfaat lain seperti mencegah cacat jantung pada bayi baru lahir dan mencegah kondisi kelahiran prematur. Selain itu, stroberi dapat membantu menjaga kadar kolesterol dan sistem pencernaan ibu.

7. Jambu

Buah yang baik untuk ibu hamil berikutnya adalah buah jambu. Buah ini memiliki berbagai kandungan nutrisi penting seperti serat, vitamin A dan C. Kandungan dalam buah jambu ini akan membantu melunakkan sistem pencernaan ibu, termasuk penyerapan zat besi.

Selain itu, vitamin B3 dan B6 dapat membantu meningkatkan kecerdasan dan merangsang otak janin yang masih dalam kandungan.

Kandungan air yang tinggi dalam jambu biji juga mencegah dehidrasi karena kurangnya cairan dalam tubuh. Selain itu juga bisa menjaga kesehatan organ pencernaan karena proses pencernaan dalam tubuh terpenuhi kebutuhan airnya.

Peran penting lainnya adalah umumnya diperlukan bagi wanita hamil untuk mengurangi pembengkakan dalam bagian tubuh tertentu ibu, seperti kaki, tangan dan siku.

Baca juga :

Nah apakah Anda sudah memutuskan untuk rutin mengkonsumsi buah apa saja yang baik untuk ibu hamil? Ingat, dengan memilih buah yang baik untuk ibu hamil diatas, Anda juga memberikan nutrisi lebih untuk janin yang tengah Anda kandung.

1 Shares