Asam folat serta omega 3 terutama akan sangat dibutuhkan ibu hamil. Asam folat terutama membantu agar bayi tidak lahir dalam kondisi cacat, sementara omega 3 akan membantu pertumbuhan syaraf serta organ tubuh. Pemenuhan nutrisi asam folat dan omega 3 dapat dilakukan melalui konsumsi aneka makanan yang mengandung asam folat dan omega 3 untuk ibu hamil. Ada sangat banyak makanan yang kaya akan dua kandungan ini. Kita bisa menemukannya dengan mudah di sekitar kita.

asam folat dan omega 3 untuk ibu hamil

Makanan yang mengandung asam folat untuk ibu hamil

Sebelum membahas makanan yg mengandung omega 3 dan 6, terlebih dahulu kita lihat makanan apa saja yang kaya akan kandungan folat. Dua contoh di bawah ini adalah bayam serta kacang hijau.

1. Bayam tak hanya kaya akan zat besi namun juga asam folat. Dalam bayam, terkandung pula vitamin C dan kalsium yang penting bagi ibu hamil. Bayam juga mengandung aneka nutrisi yang diperlukan tubuh seperti serat yang mengenyangkan dalam waktu lebih lama.

Bayam

Bayam akan membantu dalam pembentukan tulang pada janin serta produksi sel darah merah. Sangat disarankan mengonsumsi bayam segar, bukan yang sudah disimpan dalam kulkas.

Baca Juga:  Jenis Sayur & Buah yang Mengandung Asam Folat Tinggi

2. Kedua ada kacang hijau. Kacang-kacangan ini tinggi akan protein serta termasuk tiga tanaman utama yang cukup populer di Indonesia selain kacang tanah serta kacang kedelai. Kita bisa menemukan aneka olahan kacang hijau seperti bubur, kue dan lain-lain. Selain kaya akan asam folat, kacang hijau turut diperkaya asam lemak tak jenih, kalsium serta fosfor.

Makanan kaya akan Omega 3 untuk ibu hamil

Sumber makanan yang mengandung omega 3 didominasi oleh hewan laut seperti ikan air asin. Namun ada juga buah dan sayur yang kaya akan omega 3.

  1. Pertama ada alpukat. Buah satu ini memiliki kandungan mineral dan vitamin yang terbilang lengkap. Asam folat di dalam buah alpukat terutama sangat tinggi serta sangat baik bagi ibu hamil karena dapat mencegah cacat tabung syaraf. Konsumsi alpukat terutama sangat disarankan pada trimester kedua kehamilan.
  2. Kedua ada kedelai. Kedelai memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi bagi ibu hamil. Dalam kedelai terkandung protein, serat hingga asam folat yang jumlahnya tinggi. Kita bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dari konsumsi aneka makanan berbahan dasar kedelai seperti tempe, tahu hingga susu kedelai.
  3. Selanjutnya ada ikan sarden. Dalam ikan ini terkandung asam lemak omega 3 yang sangat baik dalam menurunkan kolesterol selama masa kehamilan.
Baca Juga:  Daftar Makanan Yang Mengandung Asam Folat Dan Omega 3 Tinggi

ikan sarden

Ikan sarden juga kaya akan berbagai kandungan khusus yang dibutuhkan dalam masa kehamilan. Vitamin yang ada di dalamnya termasuk vitamin A, vitamin D dan vitamin E serta tidak mengandung merkuri.

4. Ikan berikutnya yang kaya akan omega 3 ialah ikan kod. Minyak ikan ini biasanya akan dikemas dalam bentuk kapsul dan dijual sebagai suplemen. Kandungan terbaik minyak ikan kod ialah asam lemak omega 3 tidak jenuh yang penting perannya dalam menjaga sistem saraf serta otak pada bayi.

5. Terakhir ada ikan salmon. Ikan ini menjadi sumber DHA serta omega 3 yang salah satu fungsinya adalah memperkuat kecerdasan serta fungsi otak.

ikan salmon

Waktu terbaik untuk mengonsumsi ikan salmon adalah saat kehamilan memasuki trimester kedua serta ketiga.

Baca Juga:  Sumber Makanan & Buah Yang Mengandung Asam Folat Tinggi

Baca juga :

Demikian adalah aneka makanan yang mengandung asam folat dan omega 3 untuk ibu hamil. Kita bisa mengonsumsinya selama masa kehamilan untuk memenuhi kebutuhan akan mineral yang dibutuhkan tubuh. Semoga uraian di atas bermanfaat.

0 Shares